Daftar materi pelajaran sekolah dasar kelas 1

Daftar materi pelajaran sekolah dasar kelas 1 - Dalam kelas bahasa, anak menuntut ilmu menciptakan, mengenal, suku kata, kalimat, dan paragraf. Pun menuntut ilmu buat membaca lebih tidak tersendat. Mulai sejak membaca buku bersama sekian banyak bab, terutama untuk sekolah dasar kelas 1. Buat pelajaran matematika, bakal bakal mencari ilmu tambahan dan pengurangan, membaca buku dan menghitung duit merupakan rencana perbandingan antara “lebih besar” dan “lebih kecil”.

Memasuki akhir semester 1 thn pelajaran 2015/2016, sekolah-sekolah melakukan Ulangan Akhir Semester (UAS), termasuk juga bagi peserta didik kelas 1 SD/MI. Nilai UAS semester 1 ini serta bakal jadi salah satu komponen penilaian rapor buat semester ganjil. Thn ini sekolah, khususnya kelas 1 SD/MI kembali memanfaatkan Kurikulum Tingkat Unit Pendidikan (KTSP) atau Kurikulum 2006.
Daftar materi pelajaran sekolah dasar kelas 1

Materi soal UAS kelas 1 SD/MI semester 1 memanfaatkan bahan ajar kurikulum KTSP bersama pendekatan metode tematik. Untuk memberikan pelajaran yang mendasar, berikut Daftar materi pelajaran sekolah dasar kelas 1 :
1.Pengenalan jati diri
2.Belajar membaca
3.Menghitung perkalian
4.Cara melihat dan menentukan waktu
5.Bersosial
6.Baik dan buruk perilaku
7.Tata krama
8.Saling menghormati

Bentuk – Bentuk Tingkah laku Sosial

1. Pembangkangan (Negativisme) Bentuk tingkah laku melawan. Tingkah laku ini terjadi sebagai reaksi terhadap penerapan disiplin atau tuntutan orang tua atau lingkungan yang tidak sesuai dengan kehendak anak.

2. Agresi (Agression) Yaitu perilaku menyerang balik secara fisik (nonverbal) maupun kata-kata (verbal). Agresi merupakan salah bentuk reaksi terhadap rasa frustasi ( rasa kecewa karena tidak terpenuhi kebutuhan atau keinginannya). Biasanya bentuk ini diwujudkan dengan menyerang seperti ; mencubut, menggigit, menendang dan lain sebagainya.

3. Berselisih (Bertengkar) Sikap ini terjadi jika anak merasa tersinggung atau terganggu oleh sikap atau perilaku anak lain.

4. Menggoda (Teasing) Menggoda merupakan bentuk lain dari sikap agresif, menggoda merupakan serangan mental terhadap orang lain dalam bentuk verbal (kata-kata ejekan atau cemoohan) yang menimbulkan marah pada orang yang digodanya.

5. Persaingan (Rivaly) Yaitu keinginan untuk melebihi orang lain dan selalu didorong oleh orang lain. Sikap ini mulai terlihat pada usia empat tahun, yaitu persaingan prestice dan pada usia enam tahun semangat bersaing ini akan semakin baik.

6. Kerja sama (Cooperation) Yaitu sikap mau bekerja sama dengan orang lain. Sikap ini mulai nampak pada usia tiga tahun atau awal empat tahun, pada usia enam hingga tujuh tahun sikap ini semakin berkembang dengan baik.

Dari daftar pelajaran diatas disimpulkan bahwa kelas 1 sekolah dasar membutuhkan pengenalan terlebih dahulu sebelum mempelajari hal yang lebih luas.

Artikel Terkait

Daftar materi pelajaran sekolah dasar kelas 1
4/ 5
Oleh

Blog Dofollow Berkomentarlah sesuai dengan Topik.